PANDUAN PENULISAN TUGAS AKHIR (TA)

PANDUAN PENYUSUNAN TA AMC (dowload)

BAB I PENDAHULUAN 

  1. Latar Belakang Masalah: Latar belakang penelitian memuat fakta-fakta relevan dan fenomena yang menarik perhatian peneliti terkait masalah penelitian sebagai titik tolak merumuskan masalah penelitian, alasan-alasan (empiris, teknis) mengapa masalah yang dikemukakan dalam usulan penelitian itu dipandang penting untuk diteliti. Bagian ini juga diwajibkan menampilkan data awal sebagai pendukung rumusan masalah penelitian. Jika fakta-fakta yang ditemukan tidak memunculkan permasalahan, penelitian tetap dapat dilakukan dengan membandingkan antara teori dan fakta-fakta tersebut.
  2. Identifikasi Masalah: Identifikasi Masalah adalah suatu tahap permulaan dari penguasaan masalah yang dimana suatu obyek tertentu dalam situasi tertentu dapat kita kenali sebagai suatu masalah.
  3. Rumusan Masalah: Rumusan Masalah adalah menentukan suatu permasalahan yang akan di uraikan pada tugas akhir yang merupakan hasil penelitian agar permasalahan tersebut tidak kabur dari permasalahan yang sebenarnya,sebagai mana hal tersebut telah ditentukan Identifikasi Masalahnya.
  4. Batasan Masalah: Batasan masalah adalah usaha untuk menetapkan batasan dari masalah penelitian yang akan diteliti. Batasan masalah ini bertujuan untuk mengidentifikasi factor mana saja yang termasuk dalam ruang lingkup masalah penelitian dan factor mana saja yang tidak termasuk dalam ruang lingkup masalah penelitian.
  5. Tujuan dan Kegunaan Penelitian: Tujuan penelitian merupakan jawaban rumusan masalah. Tujuan penelitian menyebutkan secara spesifik apa yang ingin dicapai dalam penelitian. Dalam beberapa hal, tujuan penelitian juga tersirat di dalam judul. Jika rumusan masalah dinyatakan dalam bentuk pernyataan, jumlah jawaban pada tujuan penelitian tidak harus selalu sama dengan rumusan masalah. Akan tetapi, jika rumusan masalah berupa butir-butir pertanyaan, butir tujuan penelitian harus sama dengan butir pertanyaan pada rumusan masalah,sedangkan untuk penggunaan penelitian pada bagian ini berisi pernyataan dalam bentuk kalimat yang berisi kontribusi hasil penelitian bagi peneliti, jurusan/prodi, dan lembaga/instansi/perusahaan lokasi penelitian. Pernyataan kontribusinya dalam bentuk butir-butir.
  6. Sistematika Penulisan: Pada bagian ini bab demi bnab diuraikan secara singkat sehingga para pembaca mengetahui isi dari pada tugas akhir tersebut

 

BAB II LANDASAN TEORI: Pada bab ini banyaknya sub bab dari teori- teori yang diuraikan tapi tidak mempunyai ketentuan yang pasti / mutlak, hal ini tergantung dari keinginan penulis. Hal hal yang harus diperhatikan dalam bab ini bahwa teori yang dikemukakan harus semata mata sebagai dasar atau apa yang berkaitan erat dengan pembahasan, seperti menguraikan tentang pendapat para ahli.

 

BAB III METODE PENELITIAN

 Bab ini berisi semua data hasil penelitian, baik data hasil wawancara, observasi, studi dokumentasi, kuisioner, maupun yang diperoleh dengan metode pengumpulan data lainnya. Sub-subbagian pada bab ini disesuaikan dengan tujuan penelitian. Jika data yang disajikan adalah hasil wawancara, data yang disajikan tersebut sudah dialihbahasakan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hasil wawancara asli ditampilkan pada lampiran.

 

BAB IV ANALISA PEMBAHASAN

 Bab IV berisi bahasan yang disesuaikan dengan tujuan penelitian. Bab ini harus menjawab semua tujuan penelitian. Pembahasan bab IV merupakan kompilasi antara data pada bab III dan teori yang ada. Selanjutnya, kompilasi antara data dan teori tersebut dibahas (diverifikasi) oleh peneliti, apakah keadaan yang ada sudah sesuai atau tidak sesuai dengan teori. Dengan kata lain, mahasiswa /taruna sebagai penulis  harus mampu untuk menjelaskan kesesuaian antara praktik yang terjadi di lapangan dengan teori yang ada.

Untuk Pembahasan di Bab IV ini mahasiswa / taruna sebagai penulis harus dapat memaparkan apa permasalahan yang telah di teliti , sehingga hasil penelitian dapat diterapkan atau minimal diketahui oleh orang lain, sehingga hasil penelitian tersebut dapat bermanfaat. Dalam hal ini pembahasan di Bab IV jangan sampai menyimpang atau keluar dari uaraian yang terdapat di Bab I. yaitu menyangkut, Latar belakang,Identifikasi dan tujuan penelitian.

 

BAB V PENUTUP

  1. Kesimpulan

Kesimpulan berisi uraian singkat dan akurat berdasarkan hasil pembahasan. Kesimpulan ditulis dalam bentuk pernyataan atau butir-butir, dan jumlah butir harus disesuaikan dengan tujuan penelitian. Jika satu di antara tujuan penelitian adalah solusi terhadap kendala, solusi tersebut merupakan solusi berdasarkan data.

2. Saran

Saran berisi sumbang saran peneliti sebagai solusi yang relevan dengan permasalahan yang diangkat dalam bentuk pernyataan atau butir-butir. Saran peneliti bisa menjadi solusi yang lebih baik dari solusi yang selama ini dilakukan oleh instansi/lembaga perusahaan di lokasi penelitian yang sebelumnya sudah ditampilkan di bagian simpulan.

Freddy siagian
at
Fredy Siagian Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *