KPA KOTA CIREBON MELAKUKAN ROADSHOW SEKALIGUS TEST HIV AIDS BAGI TARUNA/I AMC

Cirebon; 10/10/2017. Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Cirebon melakukan roadshow ke Kampus Akademi Maritim Cirebon (AMC) untuk melakukan sosialisasi bahaya HIV-AIDS dan sekaligus pemanfaatan fasilitas pemerintah dengan gratis dalam pengecekan darah bagi seluruh Taruna/i AMC, yang berjumlah 690 Orang. Ibu Sri Maryati selaku sekretaris KPA Kota Cirebon dalam sambutannya mengatakan upaya ini dilakukan untuk menekan munculnya kasus baru HIV di kalangan Taruna/i AMC. Komisi Penanggulangan AIDS Kota Cirebon merupakan lembaga Struktural Non pemerintah yang menjadi leading sektor penanggulangan AIDS di Kota Cirebon. Semakin banyaknya ditemukan kasus HIV di kota Cirebon menandakan bahwa temuan kasus yang ada saat ini masih merupakan fenomena gunung es yang hanya sedikit nampak dipermukaan tetapi sebetulnya masih sangat banyak yang masih sulit terungkap. Banyak faktor yang menyebabkan mengapa hal tersebut masih menjadi kendala di kota cirebon. Salah satunya adalah virus HIV masih menjadi salah satu virus yang sangat membebani orang yang mengidapnya. Dikarenakan sangki sosial bagi pengidapnya masih dianggap sesuatu yang sangat tabu. Begitu pula populasi yang berada di lingkungan kementerian perhubungan,termasuk para pekerja laki- laki disektor pelabuhan.

Ibu Sri Maryati juga menandaskan sebagaimana diatur dalam instruksi menteri perhubungan Republik Indonesia nomor IM no. 3 tahun 2005 tentang  Tim Penanggulangan HIV- AIDS  dan penyalahgunaan Narkoba di Sektor pelabuhan. Sehingga sebagai bentuk pencegahan maka sangatlah penting sosialisasi dan pemeriksaan HIV bagi para pekerja yang bekerja di sektor pelabuhan.adapun tujuan kegiatan ini adalah:

  1. Tersosialisasinya informasi pencegahan dan penanggulangan HIV –Aids bagi para calon pekerja di sektor pelabuhan termasuk ABK dan crew kapal
  2. Pencegahan penularan HIV –AIDS melalui transmisi seksual dikalangan pekerja sektor pelabuhan (termasuk ABK dan Crew kapal)
  3. Pencegahan penularan HIV dari pasangan pekerja pelabuhan kepada pasangannya
  4. Adanya upaya ketok tular kepada teman-teman sebaya tentang pentingnya informasi HIV agar tidak lagi ditemukan penularan IMS dan HIV
  5. Mewujudkan pelabuhan sehat di seluruh Indonesia terhindar dari IMS,HIV-AIDS dan penyalahgunaan narkoba

Dengan adanya kegiatan tsb di Akademi Maritim Cirebon diharapkan adanya upaya dan langkah-langkah kongkrit dalam rangka pencegahan dan penanggulangan IMS ,HIV –AIDS dan penyalahgunaan narkoba  di kalangan para Taruna/i AMC.

Jayalah AMC dan Jadilah pelaut yang bersih dari IMS, HIV_AIDS dan penyalahgunaan narkoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *