Profil

Dengan pesatnya kemajuan pelayaran dewasa ini, mendorong semakin cepatnya perkembangan armada-armada laut, baik secara nasional maupun internasional. Perkembangan tersebut membutuhkan tenaga pelaut yang profesional terutama untuk jabatan Perwira yang berijazah Pelayaran Besar, sehingga semakin sangat terasa diperlukan.

Kebutuhan Perwira Pelayaran Besar dari tahun ke tahun terus meningkat. Sehingga pemerintah dengan berbagai upaya membuka pendidikan pelayaran tingkat akademik guna meningkatkan kualitas keperlautan serta masih sedikitnya pendidikan kemaritiman setingkat ini.

untuk menyongsong era globalisasi maka perlu ditingkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional di bidang pelayaran agar tidak tertinggal dengan negara lain yang sama-sama mengelola kemaritiman.

Akademi Maritim Cirebon dikenal dengan sebutan AMC, merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi nasional yang berdiri sejak tahun 1986, dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 134/D/O/1993 dan Surat Keputusan Kepala Pusdiklat Perhubungan Laut RI Nomor : 165/DL.206 PDL 1991.

Tugas pokok yang diemban AMC adalah mendidik dan melatih para lulusan SMU/SMK/MA (laki-laki maupun perempuan) untuk menjadi Perwira Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan yang profesional dan siap pakai guna membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan tenaga pelaut dengan kualitas ijazah Pelayaran Besar Pelayaran SAmudra.

Akademi Maritim Cirebon memiliki tujuan yaitu :

  • Mendidik dan melatih para lulusan SMA/SMK/MA untuk menjadi Perwira Pelayaran Besar bidang keahlian Nautika dan Teknika serta ahli Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan yang profesional dan siap pakai¬† dalam waktu relatif singkat.
  • Mendidik dan melatih calon Perwira Pelayaran yang gagah berani, berpengalaman luas, trampil dan ahli, berdisiplin serta berkepribadian Indonesia yang setelah lulus nanti siap diterjunkan di masyarakat guna mengabdi pada nusa dan bangsa.
  • Mendidik dan melatih calon Perwira Pelayaran Besar agar mampu berfikir secara kritis dan bertindak secata sistematik guna menghadapi tantangan di masa depan.

Perijinan :

  • SK Mendiknas RI No : 143/D/0/1993 Prodi Nautika, Teknika dan KPN
  • SK Pusdiklat Perhubungan Laut No : 061/DL.002/PDL-1994 Nautika dan Teknika
  • Rekomendasi B No : B.023/VIII/PDL-2010 dari Badan Diklat Perhubungan Laut
  • Terakreditasi BAN PT